5 Tips Dalam Memilih Smartphone yang tepat untuk bermain game

smartphone untuk gaming

5 Tips Dalam Memilih Smartphone untuk Nge-game

PapanGame.com - Nge-game kini sudah menjadi salah satu kegiatan populer anak muda, maupun dewasa. Bahkan kehadiran Smartphone turut andil dan mampu dalam meningkatkan jumlah gamer di tanah air. Ada beberapa alasan sendiri orang-orang lebih memilih memainkan game di smartphone mereka. Namun, disini papangame tidak akan membahas mengenai mengapa orang-orang bermain game di smartphone mereka, melainkan mengenai 5 Tips dalam memilih smartphone yang tepat untuk bermain game.

Baca juga:
- 5 Game RPG Terbaik dan Terpopuler Untuk Android (Bagian Kedua)
- 5 Game Horor Android Terseram dan Terbaik yang wajib anda coba (Bagian Ketiga)

1. Lebar Layar
Hal pertama yang penting untuk anda perhatikan adalah lebar layar, mengapa? Karena ini merupakan elemen penting yang akan mempengaruhi kenyamanan dari anda sendiri ketika bermain. Rata-rata layar standard dari smartphone yang beredar saat ini memiliki lebar 4 dan 5 inci, itu merupakan ukuran layar ideal bagi anda untuk bermain game di smartphone anda. Mengapa saya hanya merekoendasikan layar 4 dan 5 inci disini? Tentu ini adalah pengalaman peribadi saya sendiri ketika bermain game dengan layar di atas 5 inci dan saya mendapati bahwa saya kesulitan dalam memainkan game di karenakan smartphone tidak sesuai dengan genggaman. Itulan alasan saya merekomendasikan layar 4 dan 5 inci. (Catatan: selera mungkin berbeda, mungkin anda lebih menikmati bermain di layar lebar di bandingkan kecil...)

2. Memori Internal
Memori internal pasti akan menjadi pertibangan dari semua orang dalam membeli smartphone, terlepas dari digunakan untuk nge-game atau tidaknya smartphone tersebut. Memori internal yang ideal untuk bermain game adalah 8 GB menurut saya dengan tambahan microSD jika dirasa kurang. Dengan memori internal yang memadai, niscaya aktivitas gaming anda tidak akan lambat. (catatan: 8 GB untuk memori internal adalah hal yang lebih dari cukup untuk saat ini, tapi bukan tidak mungkin dalam beberapa tahun kedepan game-game akan memakan lebih banyak ruang di smartphone anda, jadi alangkah baiknya anda membeli smartphone dengan memori internal yang memadai yakni di atas 8 GB seperti yang saya uraikan di atas)

3. RAM
Untuk RAM saya merekomendasikan 1 GB ke atas, dan saya rasa tidak sulit mendapatkan RAM diatas 1 GB karena dari beberapa tempat penjualan smartphone yang saya kunjungi menyediakan smartphone dengan RAM 1 GB atau lebih dengan harga yang terjangkau. (catatan: RAM ini sangat berguna khususnya jika anda tidak ingin gadget anda menjadi lambat ketika memainkan game yang sedikit berat)

4. Prosessor / GPU
Selayaknya komputer, smartphonepun memiliki processor... meski berbeda dengan yang dimiliki oleh PC. Pilihlah processor yang maju dan terkinian guna memastikan smartphone anda memilki kinerja yang optimal. Disini saya merekomendasikan minimal Quad Core ARM v7 1.2 GHz

5. GPU
GPU? Apa itu? Gosok pijat ur*t? Tentu saja bukan... GPU adalah pemroses gambar pada smartphone yang memilki peranan cukup penting untuk menghadirkan grafis terbaik dari game yang anda mainkan supaya lebih optimal

Itu dia tadi 5 Tips Dalam Memilih Smartphone yang tepat untuk bermain game, dan tentu tips yang paling utama dari saya sebelum memilih smartphone untuk gaming alangkah baiknya anda menyiapkan budget yang pas. Banyak kok website yang memberikan spesifikasi dan harga terupdate tentang smartphone di luar sana.