Review Game Undertale dari Tobyfox Versi PapanGame


undertail

Nilai yang kami berikan: 9.8/10 (Nyaris sempurna)

PapanGame - Selamat datang, di kesempatan ini saya akan sedikit mengulas dan memberikan nilai untuk game Undertale yang di developeri oleh Tobyfox. Penilaian bersifat personal dan mungkin akan cukup berbeda dari penilaian yang anda berikan.

Baik, kita langsung saja... Undertale adalah game besutan perusahaan Tobyfox yang mengusung genre RPG yang dapat dimainkan tunggal atau single player. Game ini sudah dirilis di pasaran di seluruh dunia sejak 15 september 2015 dan di peruntukan untuk PC.

Game ini menyajikan hiburan yang cukup menghibur dari humor dan jalan cerita dari game itu sendiri. Sebenarnya tidak ada yang istimewa dari sektor grafis bahkan cenderung kepada kata “Sederhana” menurut saya.

“Game yang cukup sederhana namun penuh akan keunikan dan hiburan” itulah yang berada di benak saya ketika hendak menulis review ini. Saya melihat bahwa game ini memiliki sistem battle anti-mainstream seperti yang selalu kita jumpai di RPG pada umumnya. Loh? Apa maksudnya?.. jadi sistem battle di game ini sengaja dibuat berbeda rupanya. Berbedanya seperti apa? Lebih baik anda mainkan sendiri untuk melihatnya sendiri karena saya bukan spoiler ya?

Saya cukup kaget hingga lupa makan ketika saya mendapati bahwa Monster di game ini tidak semuanya jahat!! wow, keunikan yang membuat saya penasaran untuk terus menikmati game ini lebih jauh lagi dan menemukan lebih banyak hal unik lainnya.

Melanjutkan perkataan saya sebelumnya yang mengatakan bahwa grafis game ini “sederhana” adalah karena grafis yang memang sederhana. Maksudnya adalah... berbeda dari kebanyakan game kekinian dengan grafis modern hingga membuat PC macet (PC dengan spesifikasi rendah), game ini tampil dengan grafis 2D sederhana (kurang lebih seperti Final Fantasy versi jadul).

Ke gokilan game ini tak berhenti disitu, jika ini film... maka film ini akan bergenre Comedy. Seperti halnya salah satu acara kuis acara sahur yang pernah saya tonton yang memberikan kata-kata panjang lebar, tapi ujung-ujungnya hanya menanyakan hal lain yang tak ada hubungannya hampir sama dengan yang terjadi di game ini, kenapa begitu? Dalam suatu momen saya di beri instruksi untuk mengingat suatu hal di game ini untuk menyelesaikan suatu puzzle, namun pada eksekusinya? Rupa-rupanya saya telah tertipu. (Padahal sudah di catat di Notepad, apa-apaan ini!) Anda juga dapat menjumpai monster-monster anti mainstream sebagaimana yang sudah melekat di pikiran gamer RPG, game ini benar-benar beda (Trust Me! It’s Wo-... eitts... it’s different). Satu pesan yang perlu saya sampaikan adalah, berhati-hatilah terhadap instruksi atau petunjuk karena itu bisa saja sebuah jebakan, intinya hati-hati! (saya tertipu berkali-kali :’( ) Seperti yang sempat saya singgung di atas tadi, tidak semua monster di game ini jahat loh, karena ada diantara mereka yang berbelas kasih / baik / mengajak ngobrol / menolong anda.

Sebenarnya ingin saya bahas lebih banyak lagi sisi kelucuan dan keunikan game ini. Namun tanpa terasa artikel ini sudah cukup panjang. Jadi, kesimpulan saya adalah... game ini menarik sekali dari sisi cerita maupun hiburan dari sisi humornya. Penuh kejutan!

Maka saya rasa tidak berlebihan jika saya memberikan nilai 9.8 dari 10 untuk game yang penuh nilai hiburan ini. Sekian review kali ini, Saya Kenang Purwadinata. Mohon maaf apabila ada kesalahan kata atau ada kesalahan lainnya. Bagaimanapun juga saya manusia biasa.