Review Game The Beginners’s Guide dari Davey Wreden versi PapanGame


image
Nilai yang kami berikan: 8.2/10

PapanGame
- Sejujurnya saya agak tidak enak badan hari ini, namun tak melepas keinginan saya untuk memberikan review game ini kepada anda para pembaca setia PapanGame, dan pembaca umum yang menemukan artikel ini di mesin pencari tentunya.

Sebelum saya memberikan review, seperti biasa... perlu saya tekankan bahwa review dan nilai yang saya berikan bersifat personal dan mungkin akan berbeda dari cara anda menikmati suatu game dan memberikan nilai terhadap suatu game

The Beginner’s Guide mungkin adalah game yang tidak banyak orang yang mengetahuinya, mengapa? Karena jika normalnya suatu pengembang sudah mulai memperkenalkan dan mempromosikan game besutan mereka rata-rata sekitar setahun sebelum di rilis, The Beginer’s Guide justru baru memperkenalkan game ini sehari sebelum dirilis saja.

Meski begitu, entah mengapa ini justru menjadi daya tarik tersendiri dari pengembang nya, Davey Wreden. Mereka memang kerap melakukan hal-hal anti mainstream dalam beberapa catatan yang saya peroleh.

Game yang anti-mainstream ini akan membawa anda untuk memasuki dunia pengembang itu sendiri, yakni Davey Wreden. Ini merupakan hal yang baru mengingat biasanya game mengambil sudut pandang orang pertama atau ketiga. Yang mana, memposisikan gamer untuk menjadi orang lain dan bukan diri mereka sendiri dan beberapa bersifat fiktif

Karakter utama anda seperti apa nantinya? Anda akan menjadi Davey Wreden yang merupakan pengembang dari game ini. Terkesan sedikit narsis juga ya si pengembang ini? Game ini dimainkan berdasarkan Perspektif, narasi, dan konflik yang dialaminya.

CODA selaku kawan baik dari Davey Wreden lah yang menjadi inti bahasan di game ini. FYI nih guys, CODA adalah developer yang mengembangkan map Desert di game Counter Strike. Yang pernah memainkan Counter Strike pasti tahu tempat ini.

Namun seiring berjalannya waktu, proyek-proyek buatan CODA ini semakin tak jelas dan hal ini diyakini oleh davey Wreden bahwa ada sesuatu yang ganjil atau aneh dan kian misterius dari CODA saat ini. Game ini akan mengajak anda untuk membongkar apa yang sebenarnya ada di isi kepala CODA ini.

Inti dari gameplay di game ini adalah anda akan di ajak untuk menyelesaikan dan memahami apa yang sebenarnya terjadi antara Davey bremen serta CODA. Game yang layak untuk dimainkan jika anda adalah merupakan gamer yang menyukai game bernarasi, game yang menuntut berfikir lebih.

Game ini memang memiliki kelebihan berupa keunikan yang belum pernah ada sebelumnya dan agak disayangkan tentunya bahwa game ini cukup sedikit “membosankan”. Ini saya rasakan sendiri ketika memainkan game ini cukup lama.

Masih banyak sebenarnya yang ingin saya sampaikan dan review namun saya rasa beberapa pembahasan pokok di atas sudah cukup mendefinisikan game ini secara garis besar. Dan berapa nilai yang saya berikan? Saya memberi nilai 8,2 dari 10 (unik, namun cenderung kepada membosankan). Terlepas dari penilaian saya tersebut, keputusan final berada di tangan anda.